Ads 468x60px

Saturday, May 18, 2013

Cara Kerja Blok Diagram ECG Electrocardiogram

Cara Kerja Blok Diagram ECG Electrocardiogram - Input sinyal berasal dan pasien melalui elektroda yang disambungkan kerangkaian multiplexer, kita atur lead selektor, kemudian dikuatkan menjadi I mV oleh pre Amp yang biasanya digunakan untuk kalibrasi, selanjutnya sinyal 1 mV difilter guna menghilangkan noise atau gangguan dari frekuensi lain, setelah sinyal difilter bersih 1 mV dikuatkan dalam level Volt oleh Main Amp mencapai 400x dan penguatan dapat diatur melalui sensitifiti, selanjutnya sinyal yang telah dikuatkan diproses oleh galvano meter dan stylus, galvanom meter ini akan bergerak mengikuti amplitude dan irama denyut jantung higga tergambar di kertas ECG yang kesemuanya itu disupply oleh blok power supply.

Cara Kerja Blok Diagram ECG Electrocardiogram

PRINSIP KERJA BLOK DIAGRAM ECG

Secara blok diagram maka dapat diuraikan analisa kerja pesawat ECG ini yaitu sebagai berikut :

Blok diagram supply memberikan tegangan keseluruh bagian blok rangkaian pesawat. Tegangan dapat bersumber dari tegangan jala-jala PLN, atau dari baterai. Elektroda yang dipasangkan pada tubuh pasien berfungsi sebagai pengbah arus ionik yang ada pada tubuh pasien menjadi arus elektrik. Kemudian arus dari elektrodaini masuk kedalam blok isolasi dan rangkaian pengaman.

Rangkaian dalam blok ini melindungi pasien dari arus balik yang berbahaya yang mungkin terjadi atau dibangkitkan oleh ECG ini sendiri dan rangkaian ini melindungi kebocoran arus atau tegangan ke blok lain , sehingga bila terjadi arus bocor atau tegangan yang melewati input didalam kondisi normal, maka hal ini tidak akan merusak pesawat dan tidak mempengaruhi pasien.

Setiap elektroda yang dihubungkan ke tubuh pasien, berhubungan dengan pemilihan lead yang ada pada pesawat ECG. Blok pemilihan lead ini berfungsi untuk menenstukan elektroda mana yang akan digunakan untuk mendeteksi atau mengetahui bentuk pulsa jantung pasien yang direkam, kemudian diteruskan kerangkaian pre-amp. Sebelum perekaman dilakukan, seharusnya dilakukan kalibrasi terlebih dahulu, yang dilakukan oleh blok rangkaian kalibrasi.

Fungsi blok rangkaian pre-amplifier adalah menguatkan sinyal bioelektrik yang diperoleh dari aktivitas listrik jantung. Pre-amp mempunyai penguatan impedansi input yang sangat tinggi dan mempunyai Common Mode Rejection (CMMR) yang tinggi. Jenis pre-amp yang digunakan yaitu defferensial amplifier.

Driver amplifier berfungsi untuk memperkuat pulsa ECG yang dihasilkan oleh rangkaian  pre-amp, dimana pulsa ini diperkuat sedemikian rupa sehingga mampu menggerakkkan pena heat stylus recorder, sehingga stylus mampu bergerak sesuai bentuk pulsa yang telah dikuatkan tersebut.

Pada blok recorder, umumnya dipakai jenis recorder oscillograph dan p-ada  head stylus recordernya menggunakan kertas khusus yang peka terhadap panas untuk merekam pulsa ECG. Event Marker dilakukan untuk memberikan tanda pada tepi akhir perekaman pulsa ECG, atau memberikan tanda bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan / tidak normal.

Sumber: http://yurryelian.blogspot.com/