Ads 468x60px

Sunday, March 31, 2013

Tingkah Laku Dan Reproduksi Kucing Emas Asia

Tingkah Laku Dan Reproduksi Kucing Emas Asia - Kucing emas Asia teritorial dan soliter. Pengamatan sebelumnya menunjukkan bahwa mereka terutama berkegiatan di malam hari, tetapi studi lapangan pada dua radio-berkerah spesimen mengungkapkan pola aktivitas arrhythmic didominasi oleh puncak aktivitas crepuscular dan diurnal, dengan aktivitas apalagi larut malam.
Tingkah Laku Dan Reproduksi Kucing Emas Asia

Wilayah jantan adalah 47,7 km2 (18,4 sq mi) dan meningkat lebih dari 15% selama musim hujan. Wilayah betina adalah 32,6 kilometer persegi (12,6 sq mi). Kedua kucing bepergian antara hanya 55 meter (180 kaki) lebih dari 9 kilometer (5,6 mil) dalam satu hari dan lebih aktif pada bulan Juli dari bulan Maret.

Kucing emas Asia dapat memanjat pohon bila diperlukan. Mereka berburu burung, tikus besar dan reptil, ungulates kecil seperti muntjacs dan rusa sambar muda. Mereka mampu menjatuhkan mangsa yang lebih besar dari diri mereka sendiri, seperti sapi kerbau domestik. Di pegunungan Sikkim, mereka dilaporkan memangsa ghoral.

Vokalisasi mereka termasuk mendesis, meludah, mengeong, mendengkur, menggeram, dan menggelegak. Metode komunikasi lainnya diamati dalam penangkaran kucing Emas Asia termasuk menandai dengan aroma, penyemprotan urin, menggaruk pohon dan kayu dengan cakar, dan menggosok kepala terhadap berbagai objek, seperti kucing domestik.

Reproduksi

Tidak banyak yang diketahui tentang perilaku reproduksi ini agak sulit dipahami kucing di alam liar. Sebagian besar dari apa yang diketahui, telah dipelajari di penangkaran. Betina kucing emas Asia dewasa secara seksual antara 18 dan 24 bulan, sementara jantan dewasa di 24 bulan. Wanita datang ke estrus setiap 39 hari, di mana saat mereka meninggalkan tanda dan mencari kontak dengan jantan dengan mengadopsi postur reseptif. Selama hubungan seksual, pria akan merebut kulit leher perempuan dengan giginya.

Setelah periode kehamilan 78 sampai dengan 80 hari, betina melahirkan anak satu sampai tiga anak kucing di tempat yang terlindung. Anak-anak kucing beratnya 220-250 gram (7,8-8,8 oz) pada saat lahir, tetapi tiga kali lipat ukurannya selama delapan minggu pertama kehidupan. Mereka lahir sudah memiliki pola kulit dewasa, dan membuka mata mereka pada enam hingga dua belas hari. Dalam penangkaran, mereka hidup sampai dua puluh tahun.

Sumber: http://id.wikipedia.org/
Foto: azhargd.blogspot.com