Ads 468x60px

Tuesday, February 26, 2013

Situs Palsu Telkomsel, Penipuan Berhadiah Toyota Alphard

Situs Palsu Telkomsel, Penipuan Berhadiah Toyota Alphard - Telkomsel memastikan situs yang beralamat di http://hadiahtelkomsel-poin.webs.com adalah palsu. Pihak Telkomsel tidak pernah membuat pengumuman, selain di situs resmi Telkomsel.
Situs Palsu Telkomsel, Penipuan Berhadiah Toyota Alphard

"Jelas itu palsu, karena kita tidak pernah membuatnya. Cuma memang dibuat dengan mengambil gambar dari kita," kata Adita Irawati, Head of Corporate Communications Group Telkomsel, saat dihubungi detikINET, Senin (25/2/2013).

Dia menambahkan, mekanisme pengumuman undian berhadiah -- khususnya Telkomsel Point -- dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, pihak Telkomsel akan menelepon pemenang, melalui surat resmi dan mengumumkannya lewat berbagai media.

"Jadi kita gak pernah mengirimkan pengumuman melalui surat. Jadi selebihnya itu dipastikan palsu," ungkap Adita.

Dia juga menambahkan, saat ini pihak Telkomsel akan melakukan tindakan dengan melaporkan situs tersebut.

"Kita akan mengambil tindakan. Karena sebenarnya kan membuat situs ini mudah dan gampang oleh siapapun. Saat ini penipu makin kreatif, untuk itu kita meminta pelanggan waspada. Dan kami juga meminta maaf atas ketidaknyamanan ini," tambahnya.

Adita pun meminta agar pelanggan yang mengalami hal serupa atau ragu, silakan untuk menghubungi call center KartuHalo di 133 dan Simpati ke 155. Sebelumnya, salah satu pelanggan Telkomsel bernama Stephen mengaku mendapatkan SMS bahwa dirinya telah memenangkan hadiah yang digelar oleh operator tersebut.

"Iya saya dapat SMS yang menyatakan bahwa saya memenangkan hadiah Toyota Alphard. Untuk menyakinkan, saya disuruh mengecek ke alamat situs hadiahtelkomsel-poin.webs.com," ceritanya, saat berbincang dengan detikINET, Senin (25/2/2013).

Karyawan swasta di salah satu kawasan Gatot Soebroto ini menambahkan, saat iseng mengunjungi situs tersebut betapa kagetnya dia, karena tampilan halaman depannya saat mirip dengan situs resmi Telkomsel.

"Kreatif banget sampai bikin situs yang mirip banget seperti itu. Saya sih tahu kalau itu palsu, karena gak mungkinlah sampai bikin domain sendiri begitu. Terlebih lagi, pengirimnya bukan dari nomor seperti 333 atau 222," tambahnya.

Ditelusuri detikINET, memang situs hadiahtelkomsel-poin.webs.com sangat mirip dengan tampilan di situs asli Telkomsel. Beberapa sub kanalnya pun melampirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Telkomsel. Namun saat diklik ke pemenang hadiah, barulah terlihat bedanya. Di situ terpampang nyata nama pemenang dan hadiah yang didapatkan. Untuk meyakinkan, situs tersebut menampilkan informasi mengenai keterangan pengambilan hadiah dan tata cara pengambilan hadiah.

Berikut SMS lengkap penipuan yang didapatkan oleh Stephen dari nomor 0823315508606.

SLMT!! No Anda
men-dpt hadiah
dr: pengundiang
pT.TELKOSEL
No.pin-D377hi8
Untk melihat
Hadiah anda
Silahkan,klik:www.hadiahtelkomsel-poin.webs.com


( tyo / ash )

Sumber : http://www.detik.com/