Ads 468x60px

Monday, February 11, 2013

Polres Deliserdang Tangkap 15 Imigran Rohingya Myanmar

Polres Deliserdang Tangkap 15 Imigran Rohingya Myanmar - Petugas Polres Deliserdang menangkap 15 imigran asal Myanmar saat melintas di Jalinsum Kota Lubuk Pakam, Suamtera Utara. Mereka tiba di Indonesia melalui perairan Gombus Laut, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara sekitar pukul 15.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Deliserdang, AKP Erwin Damanik, menjelaskan, imigran Rohingya tersebut berangkat dari Malaysia menuju Indonesia dengan menggunakan boat. Biaya transportasi yang mereka bayar kepada pengangkut sebesar 400 Ringgit Malaysia.

Setelah tiba di Indonesia, tepatnya di Batubara, ke 15 imigran tersebut dijemput menggunakan mobil Mitsubishi L-300, pelat polisi BK 1753 LN.  "Mobil itu dikemudikan oleh Efendi menuju Kota Medan, tepat di depan Kantor Bupati Deliserdang petugas kepolisian menangkapnya," papar Erwin saat dihubungi wartawan, Jumat (8/2/2013).

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, semua imigran Rohingya tidak memiliki paspor dan visa. Kemudian mereka dibawa ke Mapolres Deliserdang untuk pemeriksaan lanjutan.

Namun penyidik mengalami kesulitan, karena mereka tidak bisa berbahasa Inggris maupun Melayu. "Kita menunggu ahli bahasa untuk translit bahasa kita ke etnis Rohingya, agar pemeriksaan berjalan lancar," pungkasnya.

Sumber : http://news.okezone.com