Ads 468x60px

Tuesday, February 12, 2013

Cara Menyeimbangkan Kondisi Hormon Agar Sehat

Cara Menyeimbangkan Kondisi Hormon Agar Sehat - Hormon dalam tubuh, seperti progesteron dan estrogen seringkali mengalami peningkatan dan penurunan yang ekstrim dan memicu beberapa gejala yang tidak nyaman. Lakukan beberapa cara alami untuk mengatasi gejalanya dan membuat kondisi hormon sehat. Berikut cara alami untuk mengatasi masalah ketidakstabilan hormonal pada tubuh, seperti dilansir dari onlymyhealth, Jumat (27/7/2012) antara lain:

1. Yoghurt untuk kram perut
Ketidakstabilan hormon pada saat menstruasi kadang menyebabkan kram perut pada beberapa orang. Atasi hal ini dengan meningkatkan asupan kalsium yang dapat meringankan kakunya otot perut akibat naik turunnya hormon. Kalsium dapat Anda peroleh dari yoghurt, susu, keju, sayuran berdaun hijau, brokoli dan kacang almond. Dokter menyarankan agar Anda makan makanan ini dalam sajian sederhana sepanjang hari untuk meningkatkan kesehatan hormon Anda.

2. Kacang untuk kembung
Pergolakan hormon yang paling ekstrim terjadi pada masa menstruasi, dimana seseorang dapat mengalami beberapa gejala PMS. Menurut beberapa peneliti, lebih dari 50 persen wanita mengalami kembung selama menstruasi. Untuk meredakan perut kembung karena ketidakstabilan hormon, makanlah kacang sebanyak setengah cangkir setiap harinya. Kembung disebabkan oleh retensi cairan dalam jaringan tubuh. Kacang-kacangan mengandung vitamin E dan asam alfa-linolenat yang secara alami berperan sebagai anti-inflamasi dan membantu mengurangi pembentukan prostaglandin, hormon penyebab retensi cairan.

3. Makanan berkarbohidrat kompleks untuk meningkatkan suasana hati
Hormon juga mempengaruhi suasana hati seseorang. Ketika suasana hati Anda buruk, makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membuat Anda merasa lebih baik. Terutama karbohidrat dari biji-bijian seperti gandum utuh yang juga kaya akan vitamin B dan mineral. Semua unsur yang terkandung dalam biji-bijian tersebut dapat membantu otak melepaskan hormon endorfin, dopamin dan oksitosin yang dapat meningkatkan suasana hati.

4. Kentang untuk atasi redakan amarah
Anda mungkin akan mudah sekali marah jika kondisi hormonal Anda sedang tidak stabil. Atasi hal ini dengan beristirahat dan merilekskan pikiran sambil makan kentang panggang. Para ilmuwan percaya bahwa kentang panggan dapat membantu Anda merasa lebih baik dalam 10 menit saja. Kentang mengandung asam amino triptofan yang membantu membangun hormon serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati. Selain itu kandungan triptofan pada kentang juga dapat menimbulkan efek tenang dan jauh dari amarah selama 6 sampai 8 jam ke depan.

Sumber : http://health.detik.com/